Book Appointment Now

Contoh Soal Arab Melayu Kelas 3 SD Semester 2 2018
Outline:
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan Pembelajaran
C. Ruang Lingkup Materi
II. Materi Pokok dan Contoh Soal
A. Huruf Hijaiyah (Review dan Pengenalan Huruf Baru)
B. Membaca Kalimat Pendek Arab Melayu
C. Menulis Kalimat Pendek Arab Melayu
D. Kosakata Arab Melayu Sederhana (Tema Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar)
E. Doa-doa Sehari-hari dalam Bahasa Arab Melayu
III. Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
Pembelajaran bahasa Arab Melayu di sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada dasar-dasar bahasa Arab, khususnya yang berkaitan dengan kosa kata dan kalimat sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Materi ini disusun secara bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan kognitif siswa kelas 3 SD. Contoh soal di bawah ini merupakan gambaran materi yang telah dipelajari pada semester 2 tahun pelajaran 2018, mencakup materi review dan materi baru yang telah diajarkan.
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi dan mengerjakan soal-soal berikut, diharapkan siswa kelas 3 SD mampu:
- Mengenali dan menulis huruf hijaiyah dengan benar.
- Membaca kalimat pendek Arab Melayu dengan lafal yang tepat.
- Menulis kalimat pendek Arab Melayu dengan ejaan yang benar.
- Memahami dan menggunakan kosakata Arab Melayu sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Melafalkan dan memahami arti doa-doa sehari-hari dalam bahasa Arab Melayu.
C. Ruang Lingkup Materi
Contoh soal ini mencakup materi yang umumnya diajarkan pada semester 2 kelas 3 SD tahun pelajaran 2018, meliputi review huruf hijaiyah yang telah dipelajari di semester 1, pengenalan huruf hijaiyah baru, membaca dan menulis kalimat pendek, kosakata sederhana terkait keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar, serta doa-doa sehari-hari.
II. Materi Pokok dan Contoh Soal
A. Huruf Hijaiyah (Review dan Pengenalan Huruf Baru)
Soal 1: Tulislah huruf hijaiyah berikut ini dengan tulisan tegak bersambung dan terpisah!
- أ (alif)
- ب (ba’)
- ت (ta’)
- ث (tsa’)
- ج (jim)
- ح (ha’)
- خ (kha’)
- د (dal)
- ذ (dhal)
- ر (ra’)
- ز (zain)
- س (sin)
- ش (syin)
- ص (shad)
- ض (dhad)
- ط (tha’)
- ظ (dhal)
- ع (ain)
- غ (ghain)
- ف (fa’)
- ق (qaf)
- ك (kaf)
- ل (lam)
- م (mim)
- ن (nun)
- و (waw)
- ه (ha’)
- ي (ya’)
Soal 2: Sebutkan nama huruf hijaiyah yang terdapat pada kata " كتاب " (kitab – buku)
B. Membaca Kalimat Pendek Arab Melayu
Soal 3: Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan nyaring dan benar!
- أَنَا مُحَمَّدٌ. (Ana Muhammadun – Saya Muhammad)
- هَذَا كِتَابٌ. (Hadza kitabun – Ini adalah buku)
- هِيَ أُسْتَاذَةٌ. (Hiya ustādzah – Dia adalah guru perempuan)
- هُمْ طُلَّابٌ. (Hum ṭullābun – Mereka adalah siswa)
- اللَّهُ أَكْبَرُ. (Allāhu akbar – Allah Maha Besar)
C. Menulis Kalimat Pendek Arab Melayu
Soal 4: Tulislah kalimat Arab Melayu untuk kalimat Indonesia berikut:
- Saya bernama Siti.
- Ini pensil saya.
- Dia adalah ayah saya.
- Mereka adalah teman-teman saya.
- Selamat pagi, Ibu Guru.
D. Kosakata Arab Melayu Sederhana (Tema Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar)
Soal 5: Tuliskan arti kata-kata Arab Melayu berikut dalam bahasa Indonesia:
- أَبٌ (abun) – ….
- أُمُّ (ummun) – ….
- أُخْتٌ (ukhtun) – ….
- أَخٌ (akhun) – ….
- مَدْرَسَةٌ (madrasah) – ….
- مُعَلِّمٌ (mu’allim) – ….
- طَالِبٌ (ṭālib) – ….
- بَيْتٌ (baitun) – ….
- شَجَرَةٌ (syajarah) – ….
- مَاءٌ (ma’un) – ….
Soal 6: Tuliskan kata Arab Melayu untuk kata-kata Indonesia berikut:
- Ibu
- Kakak laki-laki
- Sekolah
- Guru perempuan
- Rumah
- Pohon
- Air
E. Doa-doa Sehari-hari dalam Bahasa Arab Melayu
Soal 7: Tuliskan bacaan doa sebelum makan dan sesudah makan dalam bahasa Arab Melayu, serta tuliskan artinya dalam bahasa Indonesia.
Soal 8: Tuliskan bacaan doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi dalam bahasa Arab Melayu, serta tuliskan artinya dalam bahasa Indonesia.
III. Penutup
A. Kesimpulan
Contoh soal di atas diharapkan dapat membantu siswa kelas 3 SD dalam memahami dan menguasai materi bahasa Arab Melayu semester 2 tahun pelajaran 2018. Soal-soal tersebut dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah, membaca dan menulis kalimat sederhana, kosakata, dan doa-doa sehari-hari.
B. Saran
Agar siswa dapat lebih memahami materi, disarankan untuk berlatih secara rutin dan berkonsultasi dengan guru jika mengalami kesulitan. Pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif juga sangat penting untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mempelajari bahasa Arab Melayu. Penggunaan media pembelajaran yang beragam seperti gambar, video, dan permainan edukatif dapat membantu mempermudah proses pemahaman siswa.

